Ubah PC Menjadi Home Theater - Boncel WEB
Headlines News :
Home » » Ubah PC Menjadi Home Theater

Ubah PC Menjadi Home Theater

Written By Boncel WEB on Minggu, 22 Juli 2012 | 00.47


Berkembangnya teknologi saat ini melahirkan banyak perangkat multimedia baru, mulai dari console game, personal computer, perangkat Hi-Fi, blue ray player dll. Tapi apa jadinya jika Anda menginginkan suatu perangkat yang bisa diandalkan untuk bekerja sekaligus mampu memenuhi kebutuhan media hiburan dalam satu perangkat? Dari sinilah istlah HTPC lahir. Pastinya Anda sudah tahu tentang HTPC, sebuah perangkat PC mungil yang mampu berperan sebagai PC, Media PlayerHome Theater, bahkan untuk gaming.
Ubah PC Menjadi Home Theater, Mau? Image
Bahkan saat ini ada varian baru dari televisi yaitu SMART TV yang kurang lebih memiliki fungsi sama halnya dengan HTPC. Namun, harganya yang cukup mahal dan beberapa fitur yang tersedia belum bisa digunakan di negara kita. Hal ini yang membuat HTPC masih digemari sampai saat ini. Jika Anda memiliki PC dan ingin merubah PC Anda layaknya HTPC Anda bisa mengikuti tips berikut ini.
Media Center
Salah satu kelebihan HTPC ialah di perangkat tersebut sudah dipasang Media Center. Beberapa diantaranya bahkan tanpa perlu boot up ke OS untuk bisa menikmati fitur tersebut. Anda pun bisa menginstall Media Center untuk PC Anda, dengan memakai aplikasi XBMC Media Center Anda bisa menikmati media hiburan favorit langsung dari PC.
Anda bisa mengunduh XBMC Media Center di http://xbmc.org/. Sebelumnya pastikan PC Anda sudah terpasang seluruh codec yang diperlukan dengan menginstall K-lite Mega Codec Pack yang bisa diunduh di http://www.free-codecs.com/download/k_lite_mega_codec_pack.htm. Lalu jalankan XBMC Media center yang akan menampilkan tampilan penuh dari aplikasi tersebut seperti gambar di bawah ini.
 Ubah PC Menjadi Home Theater, Mau? Image
Untuk menambah koleksi media XBMC anda bisa melakukan langkah berikut ini:
Klik “Files” pilih “Add Video” masukkan lokasi folder dimana video Anda berada.
Ketika ada pop up untuk menambahkan media tag ke Video pilih OK. Pastikan koneksi internet Anda sedang terhubung, agar XBMC dapat menambahkan informasi mengenai video yang akan dimasukkan ke dalam koleksi.
Setelah menambah koleksi video di XBMC Anda bisa melihat langsung folder Video Anda di homescreen. Ketika XBMC selesai menambahkan media tag ke Video, akan menampilkan tampilan seperti ini.
Ubah PC Menjadi Home Theater, Mau? Image
Jika dirasa informasi mengenai file video tersebut salah Anda bisa merubah dengan meng-klik kanan pada file video tersebut. Lalu pilih sumber media tag untuk informasi detil video tersebut misal ImDB. Anda juga bisa menambahkan plugin dalam menentukan sumber media tag untuk video Anda dengan menambah Add-ons.
Selain piawai memainkan file video, XBMC juga dapat memainkan file musik, dan menampilkan koleksi foto Anda. XBMC juga mampu menampilkan cuaca di daerah Anda serta menampilkan RSS feed berita yang dapat Anda pantau. Untuk menampilkan cuaca cukup kembali ke homescreen dan pilih tab “Weather” lalu arahkan cursor Anda ke bagian kiri yang akan menampilkan opsi tambahan lalu pilih “Settings” lalu di tab “General” pilih “Setting” dan masukkan lokasi kota Anda.
Ubah PC Menjadi Home Theater, Mau? Image
Untuk dapat menampilkan berita terkini melalui RSS feed pilih tab “Program” lalu klik “Get more…” pilih RSS editor. lalu kembali ke “Program”, klik kanan pada RSS editor lalu pilih “Add-on Setting” masukkan rss website yang menjadi rujukan informasi berita terkini dan klik OK. RSS feed akan tertampil di bagian bawah homescreen.
Ubah PC Menjadi Home Theater, Mau? Image
Anda bisa juga merubah tampilan atau lebih lanjut mengoptimalkan kinerja XBMC dengan menambah Add-ons yang bisa ditemui di tab “System” lalu “Settings” disini Anda bisa menambah plugin dan merubah tampilan XBMC agar lebih atraktif lagi dan jangan lupa pastikan koneksi internet terhubung.
Ubah PC Menjadi Home Theater, Mau? Image
Ubah PC Menjadi Home Theater, Mau? Image
Setting Audio
Ubah PC Menjadi Home Theater, Mau? Image
Memiliki speaker audio merek ternama yang memiliki sertifikasi Dolby, THX dan lainnya adalah suatu kebanggaan tersendiri. Karena tentunya Anda akan semakin menikmati hiburan yang tersedia di rumah. Namun, sungguh sangat sia-sia jika Anda hanya memasang perangkat tersebut seperti gambar di atas. Untuk itu ubah posisi speaker audio Anda layaknya bioskop terkemuka dengan mengikuti langkah berikut ini:
Jika set speaker audio Anda memiliki speaker tengah (center speaker) letakkan speaker tersebut sejajar dengan telinga Anda tepatnya di lokasi atas atau bawah monitor. Misal jika Anda lebih memilih duduk di sofa letakkan speaker tengah di posisi atas monitor. Jika monitor Anda masih bertipe CRT atau tabung letakkan speaker dengan jarak agak menjauh untuk menghindari medan magnetik yang ditimbulkan oleh speaker tersebut. Untuk monitor LCD, Plasma, maupun Led medan magnetik tak akan berpengaruh dengan monitor. Arahkan speaker tengah tepat ke posisi Anda duduk.
5.1 Channel Dolby Digital/Dolby Pro Logic II
Jika speaker audio Anda memiliki spesifikasi 5.1 Channel letakkan speaker sesuai dengan gambar di bawah ini:
Ubah PC Menjadi Home Theater, Mau? Image
Seperti diketahui Dolby Digital 5.1 Channel merupakan standar untuk DVD dan siaran TV HD, diluar DTS karena hanya merupakan tambahan dari fitur DVD. Dengan mengambil asumsi Anda duduk di tengah sofa menghadap ke monitor arahkan speaker tengah (C) tepat lurus ke arah sofa. Lalu speaker kiri dan kanan bagian depan juga ikut mengarah ke tengah sofa. Untuk Subwoofer (Sub) cukup letakkan di sebelah kanan monitor Anda. Dan untuk speaker surround letakkan di bagian belakang sofa dan jika memungkinkan arahkan sesuai dengan posisi telinga Anda. Bisa dengan meletakkan speaker surround agak lebih tinggi dengan mengarah ke bawah. Dengan meletakkan speaker seperti gambar di atas suara dari keluaran speaker akan terdengar seperti mengelilingi Anda.
Dolby Digital EX/Dolby Pro Logic IIx/7.1 channels
Ubah PC Menjadi Home Theater, Mau? Image
Adanya soundtrack dari film yang ikut di enkoding di Dolby Digital EX menambahkan saluran audio mono di bagian belakang meskipun mono suara akan diwujudkan melalui dua speaker belakang. Meletakkan kedua speaker tersebut lurus dari arah belakang Anda sangat tidak disarankan karena otak akan menerjemahkannya berbeda dan tentunya akan malah membuat suara terkesan berputar-putar dan membuat bingung. Cukup letakkan posisi kedua speaker seperti gambar diatas, dengan begitu Anda akan mendapatkan keluaran suara yang dramatis dan menambah efek realistis yang akan membuat Anda seolah-olah ikut bermain dalam film.
Dengan mengikuti langkah di atas Anda tak perlu lagi membeli perangkat HTPC yang rata-rata masih memiliki spek rendah atau membeli SMART TV. Gunakan PC Anda sebagai pusat media hiburan bagi keluarga di rumah. Nah, Selamat menikmati bioskop mini di rumah Anda.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Flag Counter

free counters
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Boncel WEB - All Rights Reserved